Layanan Informasi PLN
PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA(PLN)
Perusahaan Listrik Negara, atau
yang biasa disingkat PLN adalah sebuah badan usaha yang bertugas menyediakan
dan menyalurkan listrik di seluruh wilayah Indonesia. Terlihat dari namanya,
PLN adalah badan usaha milik negara.
Memiliki tanggung jawab dalam melayani
kebutuhan masyarakat, terutama dalam bidang kelistrikan. Namun, dalam mengemban
tugas tersebut, PLN harus berusaha ekstra keras agar kepuasan pelanggan
senantiasa terjaga.
Salah satu cara yang dilakukan
oleh PLN dalam upaya menjaga kualitas pelayanan adalah dengan mengeluarkan
nomor call center yang dikenal dengan PLN 123. Dengan adanya
PLN 123, pelanggan dapat melakukan pengaduan atau mendapatkan informasi
mengenai layanan PLN yang terbaru.
Memiliki fungsi penting dalam
menjaga kualitas pelayanan, PLN 123 adalah layanan PLN yang wajib dipahami oleh
setiap masyarakat Indonesia. Untuk itu, agar Anda lebih mengerti tentang apa
itu PLN 123, simak penjelasannya berikut ini.
1. Apa Itu Layanan PLN 123?
Seperti yang telah disinggung
sebelumnya, PLN 123 adalah sebuah layanan dari Perusahaan Listrik Negara atau
PLN dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan adanya layanan
PLN 123 ini, pelanggan diharapkan dapat mengadukan segala hal yang berkaitan
dengan pelayanan PLN. Layanan PLN 123 juga terus aktif selama 24 jam sehari.
Melalui layanan PLN 123,
masyarakat juga dapat mengajukan permintaan pemasangan listrik sambungan baru,
mengganti daya listrik, pemasangan layanan listrik sementara, dan juga
melaporkan masalah atau gangguan yang dialami pelanggan. PLN 123 juga dapat
memberikan informasi perihal tagihan listrik dan lain sebagainya. Oleh sebab
itu, pelanggan PLN tidak perlu mengunjungi kantor resmi PLN dalam melakukan
pengaduan gangguan ataupun permintaan pemasangan jalur listrik baru.
2.
Cara Menghubungi Layanan PLN 123
Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan,
PLN telah meluncurkan layanan PLN 123 di berbagai platform. Hal
ini bertujuan agar masyarakat dapat dengan mudah menghubungi layanan PLN 123 24
jam tersebut.
Jika ingin menghubungi layanan
PLN 123, Anda dapat menggunakan saluran telepon taupun Handphone. Untuk
pengguna telepon, bisa juga melalui layanan PLN 123 dengan nomor 123. Sementara
untuk pengguna telepon genggam, hanya perlu menambahkan kode area tempat
dimana Anda tinggal. Sebagai contoh, jika tinggal di Jakarta, gunakan format nomor
(021) 123. Akan tetapi, menghubungi layanan PLN 123 melalui telepon akan
dikenakan biaya pulsa. Untuk itu, pastikan memiliki pulsa yang cukup.
Selain melalui telepon, layanan
PLN 123 juga dapat dihubungi melalui beberapa jejaring sosial media populer,
seperti, Twitter dan Facebook secara gratis. Bagi pengguna Twitter, dapat
menghubungi layanan PLN 123 melalui akun @pln_123, untuk sosial media Facebook,
layanan PLN 123 memiliki nama PLN 123. Jadi, Anda dapat dengan mudah mencari
layanan PLN 123 di sosial media Twitter dan Facebook. Sementara melalui email atau
surat elektronik, kirim ke alamat pln123@pln.co.id.
Selain platform pelayanan
PLN 123 diatas, PLN juga telah meluncurkan sebuah aplikasi smartphone dengan
nama PLN MOBILE. Tentunya, layanan PLN MOBILE ini cukup memudahkan pelanggan
yang memiliki ponsel pintar. Aplikasi PLN MOBILE dapat dengan
mudah diunduh secara gratis di App Store ataupun Play Store di smartphone Anda.
Melalui aplikasi PLN
MOBILE, pengguna bisa mendapatkan ragam fitur menarik mengenai layanan
PLN, di antaranya tagihan serta riwayat pembelian dan pengisian token listrik
pra bayar, bisa mengajukan permohonan pemasangan listrik baru, pengubahan daya
listrik, dan juga penyambungan listrik sementara, melihat
informasi mengenai tarif listrik dan juga berita terbaru mengenai PLN dan
sebagainya.
Selain itu, pengaduan
laporan gangguan PLN juga dapat Anda lakukan melalui situs dan surel resmi PLN.
Dengan begitu, laporan yang disampaikan kepada PLN dapat langsung diketahui dan
ditangani oleh layanan PLN 123.
3. Jenis Gangguan Listrik yang Bisa Dilaporkan Melalui PLN 123
Layanan PLN 123 tentu akan
menerima segala jenis gangguan listrik yang dilaporkan oleh pelanggannya.
Beberapa jenis gangguan tersebut bahkan bisa sangat mengganggu kegiatan yang
dilakukan oleh masyarakat, terlebih jika masalah kelistrikan terjadi pada malam
hari.
Jenis gangguan listrik yang
mungkin seringkali terjadi adalah power failure. Jenis
gangguan listrik inilah yang kerap disebut dengan istilah mati lampu. Penyebab
dari gangguan listrik ini adalah hilangnya sumber listrik dari mesin utama atau
pusat.
Gangguan listrik jenis
selanjutnya adalah power surge. Power surge terjadi saat
voltase listrik secara tiba-tiba meningkat 2 kali lipat. Salah satu penyebab
utama dari gangguan listrik ini adalah sambaran petir dan semacamnya.
Jenis gangguan listrik yang
ke-3 adalah power SAG. Jika power surge terjadi
saat voltase listrik mendadak tinggi, power SAG terjadi saat
voltase turun hingga sebanyak 80%. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah penggunaan
listrik yang
melebihi daya yang terpasang di rumah ataupun kantor.
Over voltage dan under
voltage adalah gangguan listrik yang jarang sekali disadari oleh
pengguna layanan PLN. Karena tidak menyebabkan gangguan listrik seperti mati lampu, gangguan listrik ini seringkali
baru diketahui setelah berlangsung selama beberapa waktu. Jika terlalu lama
dibiarkan, gangguan listrik jenis ini dapat membuat peralatan elektronik cepat
rusak.
Gangguan listrik juga dapat
terjadi karena adanya gelombang listrik yang tidak tepat. Gangguan listrik
karena adanya gelombang listrik ini biasa disebut dengan electrical
line noise. Penyebabnya bisa jadi karena adanya sambaran petir,
frekuensi radio, hingga pemasangan listrik yang kurang tepat.
Jenis gangguan listrik yang
terakhir adalah switching transient. Switching transient terjadi
saat voltase mengalami penurunan dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya,
gangguan listrik jenis ini hanya terjadi dalam beberapa nano detik saja dan
tidak terlalu mengganggu aktivitas pengguna.
Dengan banyaknya gangguan
listrik yang mungkin terjadi, Anda dapat dengan mudah menghubungi layanan PLN
123 untuk menyampaikan masalah tersebut. Jadi, tidak perlu risau dengan
gangguan listrik yang tengah terjadi.
Mengadukan
Masalah Listrik Semakin Mudah
Sebagai penyedia layanan listrik di seluruh wilayah
Indonesia, PLN berusaha untuk memberikan pelayanan yang memadai. Hal ini dibuktikan
dengan banyaknya kemudahan dalam akses layanan PLN 123 yang mempermudah
masyarakat untuk melakukan pengaduan gangguan atau permintaan pemasangan
listrik. Oleh karena itu, jika Anda memerlukan bantuan dari PLN, Anda dapat
langsung menghubungi layanan PLN 123 melalui ragam platform yang telah disediakan.
Comments
Post a Comment